Sabtu, 27 Juli 2013

Posisi dan Tugas Shinichi Kudo

Hari Purwanto as Shinichi Kudo

Posisi di Department Marketing PT. KITA sebagai Sales and Promotion Section Head

Tugas Sales and Promotion Section Head :

  • Menentukan harga jual produk yang akan dilaunching. 
  • Membuat jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan. 
  • Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan. 
  • Melaporkan aktivitas penjualan perusahaan kepada Manager.

Enterprise Resource Planning

A. Pengertian
            Perencanaan sumber daya perusahaan atau enterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.
            ERP berkembang dari Manufacturing Resource Planning (MRP II) yang ber-evolusi dari Manufacturing Resource Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya. Sistem ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice, dan akuntansi perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ini nanti akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas, dan sumber daya manusia.
 
B. Keuntungan ERP
            Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda.
 
C. Metodologi ERP

Analisa Strategi Usaha

·      Bagaimana level kompetisi di pasar dan apa harapan dari customers?
·      Adakah keuntungan kompetitif yang ingin dicapai?
·      Apa strategi bisnis perusahaan dan objectives yang ingin dicapai?
·      Bagaimana proses bisnis yang sekarang berjalan vs proses bisnis yang diinginkan?
·      Adakah proses bisnis yang harus diperbaiki?
·      Apa dan bagaimana prioritas bisnis yang ada dan adakah rencana kerja yang disusun untuk mencapai objektif dan prioritas tersebut?
·      Target bisnis seperti apa yang harus dicapai dan kapan?

Analisa Sumberdaya Manusia

·      Bagaimana komitment top management terhadap usaha untuk implementasi ERP?
·      Siapa yang akan mengimplementasikan ERP dan siapa yg akan menggunakannya?
·      Bagaimana komitmen dari tim implementasi?
·      Apa yang diharapkan para calon user terhadap ERP?
·      Adakah ERP champion yang menghubungkan top management dengan tim?
·      Adakah konsultan dari luar yang disiapkan untuk membantu proses persiapan?

Analisa Infrastruktur

·      Bagaimanakah kelengkapan infrastruktur yang sudah ada (overall networks, permanent office systems, communication system dan auxiliary system)
·      Seberapa besar budget untuk infrastruktur?
·      Apa infrastruktur yang harus disiapkan?

Analisa Perangkat Lunak

·      Apakah perangkat lunak tersebut cukup fleksibel dan mudah disesuaikan dengan kondisi perusahaan?
·      Apakah ada dukungan layanan dari penyedia, tidak hanya secara teknis tapi juga untuk kebutuhan pengembangan sistem di kemudian hari
·      Seberapa banyak waktu untuk implementasi yang tersedia
·      Apakah perangkat lunak memiliki fungsi yang bisa meningkatkan proses bisnis perusahaan

D. Penerapan ERP

            Berikut ini adalah ringkasan poin-poin yg bisa digunakan sebagai pedoman pada saat implementasi ERP:
·      ERP adalah bagian dari infrastruktur perusahaan, dan sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Semua orang dan bagian yang akan terpengaruh oleh adanya ERP harus terlibat dan memberikan dukungan
·      ERP ada untuk mendukung fungsi bisnis dan meningkatkan produktivitas, bukan sebaliknya. Tujuan implementasi ERP adalah untuk meningkatkan daya saing perusahaan
·      Pelajari kesuksesan dan kegagalan implementasi ERP, jangan berusaha membuat sendiri praktek implementasi ERP. Ada metodologi tertentu untuk implementasi ERP yang lebih terjamin keberhasilannya

E. Gagalnya ERP

·      Waktu dan biaya implementasi yang melebihi anggaran
·      Pre-implementation tidak dilakukan dengan baik
·      Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya
·      Orang-orang tidak disiapkan untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baru

Jumat, 26 Juli 2013

Sekilas Tentang Adempiere

Adempiere adalah proyek diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyediakan fungsionaliatas sebuah Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM). Proyek Adempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut dari ketidaksepakan para pengembang Compiere™ dengan perusahan komersil dibelakangnya: ComPiere Inc. Pengembangan proyek Adempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek Compiere™.
Bagi yang  pernah menginstall Compiere maka step instalasinya tidak jauh beda dengan Adempiere saat ini. Saat tulisan ini dibuat versi Adempiere sudah 3.4.2 (stable release) dan sudah ada versi alpha 3.5.4a.
Adempiere sangat cocok bagi anda yang menghendaki menggunakan aplikasi sekelas Compiere yang Full Feature namun masih free (tidak harus bayar), tentu Adempiere menjadi pilihan Utama. Seperti halnya Compiere, Instalasi Adempiere cukup mudah.
Database Oracle dan PostgreSQL adalah database yang paling disupport oleh Adempiere. Sekian sekilas info of Adempiere.
Apa sebenarnya yang membuat Adempiere ini berbeda dibandingkan dengan produk Open Source lainnya? Ada beberapa yang membuat Adempiere ini sangat berbeda dibandingkan dengan teknologi lain, diantaranya :
  1. Adempiere merupakan turunan Compiere yang merupakan revolusi baru dari perkembangan Open Source ERP.  Sama seperti Compiere, Adempiere dibaguan dengan terbuka berbasis Java  dengan menggunakan JBoss sebagai Application Server . JBoss sebagai revolusi middleware dan Adempiere sebagai revolusi operasional. JBoss (dibaca: Jay Boss) adalah server aplikasi sumber terbuka berbasis Java EE yang di-implementasikan menggunakan Java. Dengan basis Java, JBoss otomatis lintas platform, dalam arti ia dapat digunakan di segala sistem operasi yang mendukung Java.
  2. Adempiere adalah aplikasi Open Source berbasis MDA yaitu Model Driven Architecture, atau disebut dengan Adempiere Application Dictionary, yang mana diakui sebagai salah satu cara mengembangkan aplikasi paling modern. Kemampuan MDA ini yang menyebabkan semua pihak dapat melakukan customisasi terhadap seluruh fitur-fitur dari Adempiere, setiap Window dalam Adempiere dapat ditambahkan sebuah menu atau field baru tanpa modifikasi. Salah satu kekuatan Adempiere adalah adanya Data Dictionary, dimana kita bisa melakukan kustomisasi tanpa melakukan ‘coding’.  Dan ini biasanya hanya ada pada SAP, Oracle ERP atau software ERP papan atas.
  3. Salah satu yang dibanggakan pada Adempiere adalah kemampuan Adempiere multi-currency, multi-language, multi-organization, multi-accounting, multi-costing dan  multi-taxes . yang sering disebut sebagai The Multis.
  4. Adempiere meliliki skema referensi yang memungkinkan diupgrade ke versi terbaru tanpa merubah data,  dan dengan sedikit melakukan migrasi data.
  5. Adempiere adalah ERP multiplatform dan portable, Adempiere yang berjalan diatas Java,  sehingga bisa berjalan MacOS, Windows, Linux, ataupun Solaris dengan baik.
  6. Adempiere adalah aplikasi bisnis lengkap yang saling terintegrasi antara sistem Accounting, Finance, Sales, Purchasing, Inventory, Customer Relationships Management, Web Store, dan Business Intelligence. Dengan sistem yang terintegrasi ini, Adempiere dapat men-sinkronisasi dan mengoordinasi seluruh proses bisnis di setiap departemen/cabang sehingga memungkinkan mereka saling berbagi informasi dan berkomunikasi.

Adempiere Install WinXP (2)

Persiapan
1. Anda harus menyiapkan komputer dengan Spec: Pentium 4 dengan memory minimal 512MB
2. Download JDK1.5 di http://java.sun.com/javase/downloads/index_jdk5.jsp
bisa juga anda gunakan JDK1.6 di http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp
3. Download PostgreSQL versi terbaru di http://www.postgresql.org/
4. Download Adempiere 3.40 di http://sourceforge.net/projects/adempiere/
Atau versi Adempiere terbaru 3.54a di http://sourceforge.net/projects/adempiere/files/
Pada contoh berikut ini kamu menggunakan PostgreSQL 8.4.1  dan Adempiere 3.54a, tetapi anda bisa gunakan untuk versi berbeda, dengan cara yang sama
Langkah Instalasi
1. Install JDK 1.6 di komputer anda,  Setelah selesai catat nama folder tempat anda menginstallnya. (contoh C:\Program Files\Java)
2. Setting Environtment sebagai berikut:
- Tambahkan path instalasi JDK / JRE anda sebagai berikut(disesuaikan dengan letak folder instalasi anda) : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_16\bin; C:\Program Files\Java\jre6\bin\client;
PATH JDE Adempiere
- Kemudian tambahkan Variable sebagai berikut:
Variable Name = JAVA_HOME , Variable Value = C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_16
Variable Name = JRE_HOME , Variable Value =C:\Program Files\Java\jre6
Variable Name = COMPIERE_HOME , Variable Value = C:\Adempiere
JAVA_HOME_ADEMPIERE
3. Install PostgreSQL, pastikan PL/Java dipilih untuk diinstal
Install PostgreSQL Adempiere
Password PostgreSQL Adempeire
Isi Password = postgres
Port Adempiere
PLJava Adempiere PostgreSQL
Install PostgreSQL Adempiere
Finish PostgreSQL Adempiere
4. Buka PgAdminIII, dan Connect to postgresql
Pg Admin III PostgreSQL Adempiere
- Klik kanan di Postgresql database server and connect.
- Masukkan password
Buat user adempiere dengan password adempiere dengan superuser rights (lihat
gambar dibawah)
Create User Adempiere
Create Role Privelage Adempiere
4. Tambahkan parameter kedalam postgresql.conf (apabila belum ada)Custom_variable_classes = ‘pljava’
pljava.classpath = ‘C:\Program Files\PostgreSQL\8.4\lib\pljava.jar’
pljava.release_lingering_savepoints = true
pljava.vmoptions = ‘-Xmx64M -Dbackchannel.port=48′
pljava.debug = false Connection Settings
listen_addresses = ‘*’ # what IP address(es) to listen on * = all
Tambahkan juga IP anda di pg_hba.conf :
host all all 127.0.0.1/32 trust
host all all 192.168.1.222/24 trust # ini adalah IP komputer anda
5. Stop Postgresql dan Start kembali
6. Unzip dan ekstrak Adempiere ke dalam folder: C:\Adempiere
7. Dari command prompt, jalankan perintah berikut:
psql -U adempiere -d adempiere -c “drop schema sqlj cascade”
psql -U adempiere -d adempiere -f adempiere_pg.dmp 2> dum_error.dmp
8. Jalankan C:\Run_Setup.bat
RUN_setup
Adempiere Server Setup
Klik  tombol TEST dan klik tombol SAVE.Ketik D:\Adempiere\utils\RUN_Server2.bat pada command prompt
Adempiere RUN_Server2
Ketik D:\Adempiere\RUN_Adempiere.bat pada command prompt
RUN_Adempiere
Adempiere3.42s_Login
Adempiere  Connection
Selamat anda telah berhasil install Adempiere

Adempiere Install WinXP (1)

Windows Installer
Installer ini hanya jalan untuk Sistem Operasi MS Windows, dan secara otomatis akan melakukan  instalasi semua yang dibutuhkan untuk menjalankan Adempiere yaitu:
o    Java JDK
o    Postgres Database
o    ADempiere
o    Import the database dump
o    Melakukan setting yang dibutuhkan
Tampilkan System Properties.
Dilayar diketahui Full computer name: PCADEM, nama ini digunakan untuk nama APPLICATION HOST.
SystemProperti
Download Installer
·
  • Download  Installer Adempiere disini.
  • Jalankan  Adempiere3.42s_Setup.exe
·
Adempiere3.42s_Setup
·    Klik OK.
·    Akan tampil form berikut
Welcome Setup Adempiere
·    Klik Next
Adempiere3.42s_Setup2
·    Klik I Agree.
Disarankan untuk mengganti nama  directory path yang lebih simple dan tidak mengandung spasi. Misal C:\  lebih  disarankan dibanding  C:\Programs Files\
Adempiere3.42s_Setup3
·    Klik Next
·    Isi Password dengan  ‘adempiere’.
Setup Password Adempiere posgreSQL
·    Klik Next
·    Anda tinggal menunggu selama beberapa menit
Mulai Proses Install Adempiere
Adempiere3.42s_SetupJDK
Adempiere3.42s_SetupPostgreSQL
Adempiere 3.42s_Setup 5
Adempiere 3.42s_Setup 6
Adempiere 3.42s_Setup 7
·    Untuk memastikan semua berjalan lancar ketik C:\Adempiere\RUN_setup.bat
·    Anda tinggal menunggu selama beberapa menit
RUN_setup
·    Isi  Database Server name : localhost
Adempiere RUN_setup
·     Klik  tombol TEST dan klik tombol SAVE.
Ketik D:\Adempiere\utils\RUN_Server2.bat pada command prompt
Adempiere RUN_Server2
Ketik D:\Adempiere\RUN_Adempiere.bat pada command prompt
RUN_Adempiere
Adempiere3.42s_Login
Adempiere  Connection
Selamat anda telah berhasil install Adempiere

ERP ( Enterprise Resources Planning) Adempiere

Tahukah Anda, jika Anda memimpikan Perusahaan yang berjalan efektif dan efisien, Implementasi Sistem ERP sesungguhnya sebuah keharusan bagi setiap Perusahaan, tidak perduli Perusahaan skala kecil terlebih lagi bagi Perusahaan skala menengah dan skala besar.
Perkembangan era globalisasi kini sudah semakin memperketat pola persaingan usaha di semua lini sehingga semakin mempertegas kebutuhan akan sebuah system yang dapat mengarahkan Perusahaan untuk bekerja lebih efektif, efisien, serta tepat sasaran. Ya, Implementasi system ERP lah jawabannya.

Banyak orang beranggapan bahwa mengimplementasikan ERP itu mahal dan beresiko tinggi terhadap kemungkinan kegagalan dalam mengimplementasikannya ke dalam system Perusahaan.

STOP! Anda dapat berpikir seperti itu hanya jika Anda tidak menghendaki sebuah Perusahaan yang efektif dan berjalan dengan efisien, dan tidak ingin berkembang menjadi lebih besar.

Kebanyakan orang berpikir seperti itu, dikarenakan banyak yang belum mengetahui bahwa ADempiere kini hadir untuk Anda baik Perusahaan skala kecil, menengah, maupun Perusahaan skala nasional dan internasional.

ADempiere Business Suites hadir dengan lisensi GNU-Public atau Open Source, sehingga menghilangkan biaya lisensi maupun biaya tahunan. Namun meskipun demikian, ADempiere Business Suite merupakan ERP’s Software Solution – Open Source terbaik yang ada saat ini. ADempiere mengkombinasikan ERP, CRM (Customer Relationship Management), dan SCM (Supply Chain Management) untuk proses bisnis. Dirancang untuk menyediakan sebuah framework bagi pengembangan dan mengkustomisasikan sebuah System yang dapat memenuhi kebutuhan Bisnis Perusahaan. Oleh karenanya dapat dikatakan sebagai Software ERP untuk semua kalangan karena harganya yang murah, dan kemampuannya untuk dikembangkan demi memenuhi seluruh kebutuhan bisnis perusahaan.
Adempiere adalah proyek diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyediakan fungsionaliatas sebuah Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM).
Proyek Adempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut dari ketidaksepakatan para pengembang Compiere™ dengan perusahan komersil dibelakangnya: ComPiere Inc. Pengembangan proyek Adempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek Compiere™.
Database Oracle dan PostgreSQL adalah database yang paling disupport oleh Adempiere. Sekian sekilas info of Adempiere.
Apa sebenarnya yang membuat Adempiere ini berbeda dibandingkan dengan produk Open Source lainnya? Ada beberapa yang membuat Adempiere ini sangat berbeda dibandingkan dengan teknologi lain, diantaranya :
  1. Adempiere merupakan turunan Compiere yang merupakan revolusi baru dari perkembangan Open Source ERP.  Sama seperti Compiere, Adempiere dibagun dengan terbuka berbasis Java  dengan menggunakan JBoss sebagai Application Server . JBoss sebagai revolusi middleware dan Adempiere sebagai revolusi operasional. JBoss (dibaca: Jay Boss) adalah server aplikasi sumber terbuka berbasis Java EE yang di-implementasikan menggunakan Java. Dengan basis Java, JBoss otomatis lintas platform, dalam arti ia dapat digunakan di segala sistem operasi yang mendukung Java.
  2. Adempiere adalah aplikasi Open Source berbasis MDA yaitu Model Driven Architecture, atau disebut dengan Adempiere Application Dictionary, yang mana diakui sebagai salah satu cara mengembangkan aplikasi paling modern. Kemampuan MDA ini yang menyebabkan semua pihak dapat melakukan customisasi terhadap seluruh fitur-fitur dari Adempiere, setiap Window dalam Adempiere dapat ditambahkan sebuah menu atau field baru tanpa modifikasi. Salah satu kekuatan Adempiere adalah adanya Data Dictionary, dimana kita bisa melakukan kustomisasi tanpa melakukan ‘coding’.  Dan ini biasanya hanya ada pada SAP, Oracle ERP atau software ERP papan atas.
  3. Salah satu yang dibanggakan pada Adempiere adalah kemampuan Adempiere multi-currency, multi-language, multi-organization, multi-accounting, multi-costing dan  multi-taxes . yang sering disebut sebagai The Multis.
  4. Adempiere meliliki skema referensi yang memungkinkan diupgrade ke versi terbaru tanpa merubah data,  dan dengan sedikit melakukan migrasi data.
  5. Adempiere adalah ERP multiplatform dan portable, Adempiere yang berjalan diatas Java,  sehingga bisa berjalan MacOS, Windows, Linux, ataupun Solaris dengan baik.
  6. Adempiere adalah aplikasi bisnis lengkap yang saling terintegrasi antara sistem Accounting, Finance, Sales, Purchasing, Inventory, Customer Relationships Management, Web Store, dan Business Intelligence. Dengan sistem yang terintegrasi ini, Adempiere dapat men-sinkronisasi dan mengoordinasi seluruh proses bisnis di setiap departemen/cabang sehingga memungkinkan mereka saling berbagi informasi dan berkomunikasi.


Sumber :http://www.mediatamatechnology.com/index.php?option=com_content&view=article&id=16:erp-enterprise-resources-planning-adempiere&catid=7:news

Shinichi Kudo di Youtube

Silahkan lihat Shinichi Kudo di Youtube pada link berikut ini :

http://www.youtube.com/watch?v=dNY08Qdubnc&feature=youtu.be

Struktur Organisasi dan Job Description Department Marketing PT. KITA

STRUKTUR ORGANISASI
JOB DESCRIPTION
1.    Manager Marketing
  •  Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran bersama Head Section.
  • Berkordinasi kepada Head Section untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
  • Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern perusahaan serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal. 
  • Menganalisa dan memberikan arah pengembangan penjualan, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar.
2.    Sales and Promotion Section Head
  • Menentukan harga jual produk yang akan dilaunching. 
  • Membuat jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan. 
  • Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan. 
  • Melaporkan aktivitas penjualan perusahaan kepada Manager.
3.    Distribution Relations Section Head
  • Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team. 
  • Memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan. 
  • Menganalisa data keuangan klien dengan tujuan penaksiran investasi klien. 
  • Memastikan pendekatan layanan pelanggan berorientasi diadopsi setiap saat dan memastikan risiko telah dinilai dan dikendalikan. 
  • Melaporkan aktivitas evaluasi pelayanan kepada Manager.
4.    Warehouse and Market Logistics
  • Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas produksi terisi secara optimal. 
  • Memonitor jumlah stock seluruh Dept. Sales & Marketing untuk memastikan umur stock perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan.
5.    Salesperson for Institutional Customers
  • Berkewajiban untuk dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama maupun baru dari institusional serta melakukan maintenance terhadap pelanggan perusahaan tersebut. 
  • Menyiapkan prospek klien baru di bidang institusional.
  • Menjual produk teknologi perusahaan, maksudnya menawarkan produk-produk baru kepada setiap pelanggan tetap sebelumnya atau calon pelanggan perusahaan.
6.    Salesperson for Wholesale Customers
  • Berkewajiban untuk dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama maupun baru yang membeli dengan volume banyak serta melakukan maintenance terhadap pelanggan tersebut. 
  • Menyiapkan prospek klien baru dalam pembelian jumlah banyak.
  • Menjual produk teknologi perusahaan, maksudnya menawarkan produk-produk baru kepada setiap pelanggan tetap sebelumnya atau calon pelanggan.
7.    Relations Customer Service
  • Sebagai Komunikator, artinya sebagai orang yang menghubungi customer dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara perusahaan dengan customer. 
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. 
  • Memiliki keterampilan secara kuantitatif yang baik. 
  • Mempertahankan pelanggan yang telah ada.
8.    Administrassion Support
  • Bertanggung jawab melakukan support atas segala kebutuhan marketing. 
  • Membuat Quotations dan mengirimkan kepada customer dan melakukan Follow Up kepada customer. 
  • Mengelola segala kebutuhan promosi dan komunikasi, baik hard maupun softcopy. 
  • Membuat materi keperluan sales and marketing, misalnya : dalam membuat brosur, promosi, quotation, email blast, korespondensi dengan customer.
  • Melakukan support dalam administrasi tender bila diperlukan.
  • Melakukan pengklasifikasian dan menjaga data-data.
  • Memasukkan data-data ke system serta membuat laporan dan notulen.