Jumat, 26 Juli 2013

Struktur Organisasi dan Job Description Department Marketing PT. KITA

STRUKTUR ORGANISASI
JOB DESCRIPTION
1.    Manager Marketing
  •  Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran bersama Head Section.
  • Berkordinasi kepada Head Section untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
  • Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern perusahaan serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal. 
  • Menganalisa dan memberikan arah pengembangan penjualan, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar.
2.    Sales and Promotion Section Head
  • Menentukan harga jual produk yang akan dilaunching. 
  • Membuat jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan. 
  • Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan. 
  • Melaporkan aktivitas penjualan perusahaan kepada Manager.
3.    Distribution Relations Section Head
  • Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team. 
  • Memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan. 
  • Menganalisa data keuangan klien dengan tujuan penaksiran investasi klien. 
  • Memastikan pendekatan layanan pelanggan berorientasi diadopsi setiap saat dan memastikan risiko telah dinilai dan dikendalikan. 
  • Melaporkan aktivitas evaluasi pelayanan kepada Manager.
4.    Warehouse and Market Logistics
  • Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas produksi terisi secara optimal. 
  • Memonitor jumlah stock seluruh Dept. Sales & Marketing untuk memastikan umur stock perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan.
5.    Salesperson for Institutional Customers
  • Berkewajiban untuk dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama maupun baru dari institusional serta melakukan maintenance terhadap pelanggan perusahaan tersebut. 
  • Menyiapkan prospek klien baru di bidang institusional.
  • Menjual produk teknologi perusahaan, maksudnya menawarkan produk-produk baru kepada setiap pelanggan tetap sebelumnya atau calon pelanggan perusahaan.
6.    Salesperson for Wholesale Customers
  • Berkewajiban untuk dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama maupun baru yang membeli dengan volume banyak serta melakukan maintenance terhadap pelanggan tersebut. 
  • Menyiapkan prospek klien baru dalam pembelian jumlah banyak.
  • Menjual produk teknologi perusahaan, maksudnya menawarkan produk-produk baru kepada setiap pelanggan tetap sebelumnya atau calon pelanggan.
7.    Relations Customer Service
  • Sebagai Komunikator, artinya sebagai orang yang menghubungi customer dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara perusahaan dengan customer. 
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. 
  • Memiliki keterampilan secara kuantitatif yang baik. 
  • Mempertahankan pelanggan yang telah ada.
8.    Administrassion Support
  • Bertanggung jawab melakukan support atas segala kebutuhan marketing. 
  • Membuat Quotations dan mengirimkan kepada customer dan melakukan Follow Up kepada customer. 
  • Mengelola segala kebutuhan promosi dan komunikasi, baik hard maupun softcopy. 
  • Membuat materi keperluan sales and marketing, misalnya : dalam membuat brosur, promosi, quotation, email blast, korespondensi dengan customer.
  • Melakukan support dalam administrasi tender bila diperlukan.
  • Melakukan pengklasifikasian dan menjaga data-data.
  • Memasukkan data-data ke system serta membuat laporan dan notulen.

1 komentar: