Struktur Organisasi dan Job Description Department Marketing PT. KITA
STRUKTUR ORGANISASI
1. Manager Marketing
- Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan
pemasaran bersama Head Section.
- Berkordinasi kepada Head Section untuk mencapai target penjualan
dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
- Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern perusahaan serta
menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta
peraturan dijalankan dengan optimal.
- Menganalisa dan memberikan arah pengembangan penjualan, untuk
memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar.
2. Sales
and Promotion Section Head
- Menentukan harga jual produk yang akan dilaunching.
- Membuat jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan
tercapainya target penjualan.
- Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk
meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan.
- Melaporkan aktivitas penjualan perusahaan kepada Manager.
3. Distribution
Relations Section Head
- Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh
sales team.
- Memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan.
- Menganalisa data keuangan klien dengan tujuan penaksiran
investasi klien.
- Memastikan pendekatan layanan pelanggan berorientasi diadopsi
setiap saat dan memastikan risiko telah dinilai dan dikendalikan.
- Melaporkan aktivitas evaluasi pelayanan kepada Manager.
4. Warehouse
and Market Logistics
- Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan
kapasitas produksi terisi secara optimal.
- Memonitor jumlah stock seluruh Dept. Sales & Marketing untuk
memastikan umur stock perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan.
5. Salesperson
for Institutional Customers
- Berkewajiban untuk dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan
lama maupun baru dari institusional serta melakukan maintenance terhadap
pelanggan perusahaan tersebut.
- Menyiapkan prospek klien baru di bidang institusional.
- Menjual produk teknologi perusahaan, maksudnya menawarkan produk-produk baru kepada setiap pelanggan tetap sebelumnya atau calon pelanggan perusahaan.
6. Salesperson
for Wholesale Customers
- Berkewajiban untuk dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan
lama maupun baru yang membeli dengan volume banyak serta melakukan maintenance
terhadap pelanggan tersebut.
- Menyiapkan prospek klien baru dalam pembelian jumlah
banyak.
- Menjual produk teknologi perusahaan, maksudnya menawarkan produk-produk baru kepada setiap pelanggan tetap sebelumnya atau calon pelanggan.
7.
Relations Customer Service
- Sebagai Komunikator, artinya sebagai orang yang menghubungi customer
dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara perusahaan
dengan customer.
- Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.
- Memiliki keterampilan secara kuantitatif yang baik.
- Mempertahankan pelanggan yang telah ada.
8. Administrassion
Support
- Bertanggung jawab melakukan support atas segala kebutuhan
marketing.
- Membuat Quotations dan mengirimkan kepada customer dan melakukan
Follow Up kepada customer.
- Mengelola segala kebutuhan promosi dan komunikasi, baik hard
maupun softcopy.
- Membuat materi keperluan sales and marketing, misalnya : dalam
membuat brosur, promosi, quotation, email blast, korespondensi dengan
customer.
- Melakukan support dalam administrasi tender bila diperlukan.
- Melakukan pengklasifikasian dan menjaga data-data.
- Memasukkan data-data ke system serta membuat laporan
dan notulen.
Thank telah berbagi ttg ERP
BalasHapus